Rabu, 21 Januari 2009

REVIEW BAB 10

E- COMMERCE : PASAR DIGITAL, BARANG DIGITAL

E- Commerce berkenaan denagn transaksi komersial digital diantara berbagai organisasi dan perorangan. Terdapat tujuh kelebihan dari teknologi E- Commerce : teknologi E- Commerce ada dimana-mana, yang berarti teknologi ini tersedia dimana saja selama sebuah komputer dapat terhubung ke internet. Teknologi ini diterapkan secara global, memungkinkan transaksi komersial melewati batas negara dan budaya dengan jauh lebih nyaman dengan biaya yang lebih efektif dari pada dalam kerangka perdagangan yang tradisional. Teknologi ini dioperasikan dengan standar universal yang digunakan oleh semua negara didunia, sementara sebagian besar teknologi perdagangan yang tradisional berbeda dari suatu negara ke negara lainnya. Teknologi ini menjadikan informasi lebih kaya, memungkinkan penjualan online menyampaikan pesannya kepada audiens yang beraneka ragam dan memperkaya isi pesan pemasarannya dengan teks dan audio, suatu cara yang tidak mungkin digunakan dalam teknologi perdagangan yang tradisional, yang berarti memungkinkan komunikasi dua arah antara penjual dan pembeli dan memungkinkan penjual menghadapi pembeli seperti layaknya pengalaman tatap muka, tetapi jauh lebih banyak dan dalam skala global. Teknologi ini meningkatkan kepadatan informasi (jumlah dan kualitas informasi yang tersedia untuk semua partisipan pasar). Teknologi ini membuat personalisasi dan penyesuaian dapat dilakukan. Penjual dapat mengarahkan pesan pemasaran kepada orang-orang tertentu dengan menyesuaikan pesan dengan namanya, minatnya, dan pembelinya diwaktu yang lalu.

Internet telah menghasilkan pasar digital, dimana setiap orang dapat saling bertukar informasi dalam jumlah yang besar secara bersamaan, cepat dan gratis. Pasar digital dikatakan lebih “transparan” dari pada pasar tradisional. Pasar digital lebih efisien dan fleksibel, sehingga mengurangi biaya pencarian dan transaksi, biaya menu yang rendah, dan kemampuan untuk merubah harga secara dinamis. Pasar digital memungkinkan terjadinya proses jual beli secara langsung tanpa melalui agen atau pengecer.

Barang digital adalah barang yang dapat disampaikan melalui jaringan digital. Ketike barang digital telah dihasilkan maka biaya pengirimannya akan menjadi rendah.

Internet secara radikal mengurangi biaya pembuatan, pengiriman, dan penyimpanan informasi sementara membuat informasi tersebut semakin tersedia. Informasi tidak terbatas pada metode pengiriman fisik yang tradisional. Internet dapat membantu perusahaan menciptakan dan mendapatkan keuntungan denagn cara-cara baru melalui penambahan nilai pada produk dan layanan yang ada, atau dengan menyediakan fondasi bagi produk dan layana baru.


Tiga jenis E- Commerce yang utama adalah bisnis ke konsumen (B2C), bisnis ke bisnis (B2B), dan konsumen ke konsumen (C2C). E-Commerce memunakinkan terjadinya kedekatan antara pelanggan dengan perusahaan. E-commerce B2B menciptakan efisiensi dengan membuat perusahaan untuk mendapatkan pemasok, meminta penawaran, melakukan pemesanan, dan melacak pengiriman secara elektronik.


M-commerce menggunakan internet dalam pembelian produk dan layanan selain juga menyampaikan pesan menggunakan perangkat mobile nirkabel. M-commerce mewakili sebagian kecil dari semua pembelian online karena perangkat mobile nirkabel tidak dapat menampilkan gambar barang dagangan dengan baik. M-commerce dapat memanfaatkan sistem pembayaran yang memiliki interoperabilitas untuk perangkat-perangkat nirkabel dan mempercepat jaringan nirkabel untuk mendukung komunikasi data yang lebih lengkap.

Sistem pembayaran kartu kredit digital, dompet digital, sistem pembayaran digital dengan saldo terakumulasi, sistem pembayaran nilai tersimpan, uang tunai digital, sistem pembayaran rekan ke rekan, cek digital, dan sistem pembayaran dan penyampaian tagihan elektronik. Sistem saldo yang terakumulasi, sistem nilai tersimpan, dan uang tunai digital bermanfaat untuk pembayaran mikro yang terkecil ini adalah system pembayaran utama untuk E-Commerce.

Tidak ada komentar: