Rabu, 21 Januari 2009

REVIEW BAB 11

Mengelola Pengetahuan


Manajemen pengetahuan adalah serangkaian proses untuk membuat, menyimpan, mentransfer, dan menerapkan pengetahuan dalam organisasi. Manajemen pengetahuan mengedepankan pembelajaran organisasi dengan meningkatkan kemampuan organisasi untuk belajar dari lingkungan dan untuk memasukkan pengetahuan dalam proses bisnis. Ada tiga jenis utama system manajemen pengetahuan : system manajemen pengetahuan keseluruhan perusahaan, system kerja pengetahuan, dan teknik cerdas.

System manajemen pengetahuan keseluruhan perusahaan adalah upaya diseluruh perusahaan untuk mengumpulkan, menyimpan, mendistribusikan dan menerapkan data digital dan pengetahuan. System pengetahuan struktur menyediakan basis data dan berbagai perangkat untuk mengorganisasikan dan menyimpan pengetahuan semiterstruktur, seperti e-mail atau multimedia.

System kerja pengetahuan mendukung penciptaan pengetahuan baru dan integrasinya dengan perusahaan. Kemampuan ini dapat meningkatkan produktifitas para pekerja pengetahuan yang dibayar mahal. System perancangan yang dibantu computer dan system realitas virtual, yang menciptakan simulasi interaktif yang bertingkahlaku seperti dunia nyata, memerlukan kapabilitas grafik dan pemodelan yang kuat.

Kecerdasan buatan tidak memiliki fleksibilitas, keluasan, dan keumuman dari kecerdasan manusia, tapi dapat digunakan untuk menangkap, mengodekan, dan memperluas pengetahuan perusahaan. Perusahaan dapat menggunakan kecerdasan buatan untuk membantunya menangkap dan menyimpan pengetahuan terisirat; untuk menemukan pengetahuan; untuk menghasilkan solusi masalah tertentu yang terlalu besar dan kompleks untuk dianalisis oleh manusia; dan untuk membantu perusahaan mencari dan menyaring informasi.

Logika Fuzzy adalah peranti lunak untuk menyatakan pengetahuan dalam bentuk aturan-aturan yang menggunakan nilai pendekatan atau subjektif. Logika Fuzzy telah digunakan untuk mengontrol peralatan fisik dan mulai digunakan untuk aplikasi pengambilan keputusan secara terbatas.

Algoritme genetik mengembangkan solusi untuk masalah tertentu untuk menggunakan proses genetic seperti kecocokan, persilangan dan mutasi.

Agen inteligen adalah program peranti lunak dengan basis pengetahuan bawaan atau dipelajari yang melaksanakan tugas tertentu, berulang, dan dapat di prediksi bagi pengguna perorangan, proses bisnis atau aplikasi peranti lunak.

Tidak ada komentar: