Rabu, 21 Januari 2009

STUDI KASUS : UNILEVER MENGAMANKAN PERANGKAT MOBILENYA

1. Bagaimana perangkat genggam nirkabel milik para eksekutif Unilever berhubungan dengan kinerja bisnis perusahaan?
Jawab: Perangkat genggam yang digunakan itu harus mampu mengirimkan suara dan data, beroperasi pada jaringan nirkabel yang berbeda, dapat melihat lampiran e-mail,seperti file word, dan dimana kekuatan baterainya lebih dari empat jam. Karena dipenuhi dengan segala criteria seperti diatas dengan otomatis ini membuat bisnis dapat dijalankan dengan mudah dan dimana saja, sehingga dapat menjalankan bisnis dengan cepat dan efisien. Tentunya ini harus di tunjang dengan pengamanan yang canggih pula.

2. Apa dampak potensial dari penerobosan system keamanan di unilever?
Jawab: Perangkat genggam nirkabel mudah hilang atau dicuri karena begitu portable, dan dapat ditembus oleh hacker. Dimana yang banyak digunakan oleh eksekutif dengan jenis PDA dan smart phone yang menyimpan data perusahaan yang sensitive, sehingga pengguna tidak sah dapat mengakses jaringan perusahaan internal melalui perangkat-perangkat ini, mengunduh data atau pesan yang tidak ditorisasi dapat membawa masuk malware yang berbahaya bagi system. Semua ini menyebabkan kerentanan terhadap system unilever bila semua data jatuh kepadas pihak yang tidak bertangguna jawab maka bias saja menimbulkan kerugian yang amat besar yang ditangguna oleh perusahaan unilever itu sendiri.

3. Faktor manejemen, organisasi dan teknologi apa yang harus ditangani dalam mengembangkan kebijakan keamanan dan prosedur bagi perangkat genggam nirkabel unilever?
Jawab: Setiap karyawan harus menggunakan perangkat yang ditentukan perusahaan, pengguna yang masuk ke jaringan perusahaan harus dapat mengidentifikasi diri sendiri menggunakan kata sandi atau metode autentikasi yang lain. Untuk perangkat BlackBerry menggunakan system operasi yang mengizinkan manajer TI membuat larangan-larangan otomatis, sehingga mengurangi kesempatan virus menulari jaringan perusahaan. Kemudian Unilever melakukan konfigurasi pada perangkat BlackBerry sehingga pengguna tidak bisa memasang aplikasi pihak ketiga.

4. Apakah mengijinkan para eksekutif Unilever menggunakan BlackBerry dan telepon genggam merupakan ide baik? Mengapa atau mengapa tidak?
Jawab: Ya ini merupakan ide yang baik. Karena apabila para eksekutif diberikan fasilitas BlackBerry dan telepon genggam maka mereka akan mudah untuk menjalankan aktivitasnya sehingga meningkatkan produktivitas mereka, dimana dengan menggunakan perangkat-perangkat tersebut perusahaan dapat memantau mereka kapanpun dan dimanapun mereka berada, sehingga akses untuk berkomunikasi antar karyawan dan perusahaan dapat berjalan lancar, juga untuk pengiriman data-data. Dengan segala keamanan yang dirancang secara professional maka akan menyulitkan bagi para pihak yang tidak bertanggung jawab untuk merusak system ini. Sehingga tidak ada lagi alasan untuk menolak pemakaian black berry bagi para eksekutif ini.

Tidak ada komentar: